Menu
74 views

KPI IAI AGUS SALIM TURUT SERTA MENSUKSESKAN KNKI 3 DI PALEMBANG

Metro (5/10) Konferensi Nasional Komunikasi Islam (KNKI) Ke-3 di adakan di Palembang dan UIN Raden Fattah Palembang menjadi tuan rumah kegiatan nasional tersebut. Dengan tema: “Merajut Keindonesiaan: Sumbangsih Komunikasi untuk Moderasi Islam di Indonesia”.

Kegiatan dilasanakan selama 3 hari di Hotel Swarna Dwipa Palembang. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Pakar Komunikasi Prof. Dr. Andi Faisal Bakri, MA (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Pakar Komunikasi Politik Dr. Gun Gun Heriyanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Mantan Direktur Eksekutif BAN-PT, Prof. Dr. Mansur Romli, dan Komisioner BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Prof. Bernard.

Prof. Dr. Mansur Ramli, M.Si (Mantan Direktur BAN-PT), Dr. Najhan Musyafak, M.A, Dr. Mohamad Zamroni, M.Si (Ketua Askopis)
Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, M.A (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Haryanto, M.Kom.I (UM Metro)

Kegiatan yang berlansung selama tiga hari tersebut dibuka Rektor UIN Raden Fattah Palembang, Prof. Drs. H. Sirozi, M.A, Ph.D yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Kurikulum dan Kepegawaian UIN Raden Fattah,
Dr. Ismail Sukardi, M.Ag dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Kusnadi, M.Ag “Mohon maaf seharusnya yang membuka acara ini adalah Pak Rektor, namun beliau berangkat ke Jakarta karena ada acara yang juga sama pentinya, AICIS 2019” tutut nya.

Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, M.A (UIN Jakarta), Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si (UIN Jakarta)

Kegiatan dalam acara Konferensi Nasional diantaranya adalah Seminar Internasioal yang diisi oleh Prof. Dr. Sohirin Mohammad Solihin dari
International Islamic University Malaysia (IIUM), Prof. Dr. Wan Zailan Kamaruddin bin Wan Ali dari University of Malaysia (UM), Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi, M.A. dari UIN Mataram NTB namun berhalangan hadir karena acara AICIS 2019 di Jakarta digantikan oleh Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, M.A, dan Moderator Fifi Hermawati, Ph.D dari UIN Raden Fattah Palembang.

Dan bedah buku “Literasi Komunikasi Politik” dan “Panggung Komunikasi Politik” Penulis: Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si. (Analisis Komunikasi Politik dan Dosen Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Panelis:
1. Dr. Zaenal Mukarram,M.Si. (Dosen Prodi KPI FDK UIN Sunan Gunung Djati Bandung) 2. Dr. M. Nurul Yamin, M.Si. (DPP ASKOPIS, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Buku: “Komunikasi Antar Pribadi”
Penulis: Dr. Armawati Arbi, M.Si. (DPP ASKOPIS) (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Panelis: Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, M.A. (Dewan Pertimbangan ASKOPIS, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Moderator: Dr. Nur Ainiyah, M.Si. (DPP ASKOPIS, Universitas Ibrahimy Situbondo).

Dr. Imam Kanafi, M.Ag (Dekan FUAD IAIN Pekalongan),
Dr. Armawati Arbi, M.Si. (UIN Jakarta)

Selain Seminar Internasional, KNKI 3 ASKOPIS (Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam) juga mengadakan Call for Papers dengan sub tema : 1) Komunikasi Islam dan Gerakan Moderasi, 2) Aktor Komunikasi dalam Moderasi Islam, 3) Khalayak Komunikasi dalam Moderasi Islam, 4) Pesan Komunikasi dalam Moderasi Islam, 5) Media Massa dan Media Sosial dalam Moderasi Islam, 6) Efek Komunikasi dalam Moderasi Islam, 7) Komunikasi Sosial dalam Moderasi Islam, 8) Komunikasi Politik dalam Moderasi Islam, 9) Komunikasi Lintas Budaya dalam Moderasi Islam, 10) Komunikasi, Demokrasi dan Moderasi Islam, 11) Komunikasi Gender dan Moderasi Islam. Dan hasil dari paper tersebut akan diterbitkan di beberapa jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam seperti : ASKOPIS, KOMUNIKA, Al-Balagh, ICJ, dll.DAFTAR KELOMPOK PANEL MAKALAH KNKI 3Download

Acara lainnya adalah Workshop Penulisan Artikel di Jurnal Internasional
dan Workshop Pengelolaan Ejurnal Berbasis OJS dengan pemateri :  Tatang Muttaqin, Ph.D, (Direktur Aparatur Negara BAPPENAS, Anggota James Coleman Assoiciations, The Netherlands, Author Q1 Scopus) dengan Materi: “Tips Publikasi Bereputasi Internasional”,Dr. Uwes Fatoni, M.Ag. (UIN Sunan Gunung Djati Bandung) dengan Materi: “Akreditasi Jurnal Menuju SINTA” Warto, M.Kom. (IAIN Purwokerto) materi: “Manajemen OJS, DOI, dan DOAJ”, Moderator: Dr. Hadziq, M.Hum (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Dr. Uwes Fatoni (UIN Bandung), Dr. Khadik, M.Ag (UIN Yogyakarta), Warto, M.Kom (IAIN Pekalongan), Yolawati (Alumni FDK UIN RF)

Seluruh kegiatan di dokumentasi kan melalui Channel Youtube Rafa TV, Tv yang dimiliki oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fattah Palembang yang dapat di akases melalui :

Pembukaan KNKI III
https://www.youtube.com/watch?v=NIkp4bKHeVY

Seminar Internasional KNKI III
https://www.youtube.com/watch?v=2pviuxBbsUA

Penutupan KNKI III
https://www.youtube.com/watch?v=dZWO84oQv3g

Dan hari terkahir digunakan untuk citytour Kota Palembang, dengan mengunjungi beberapa spot menarik, yaitu Museum Sulthan Baharuddin II, Jakabaring Sport Center, Pasar Pempek 26 Ilir dan terkahir kunjungan kerja ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fattah Palembang.


0 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SALAM KOMUNIKASI... LIKE, FOLLOW, COMMENT AND SUBCRIBE